Tumbuhkan Kreatifitas Siswa, MTsN Bojonegoro Gelar Festival Bulan Bahasa 2024

Penulis : Rizal Abdi N.

 

Bojonegoro – Sebagai bentuk upaya menumbuhkan kreativitas siswa sekaligus menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau biasa disebut P5, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MtsN) 1 Bojonegoro menggelar Festival Bulan Bahasa 2024.

Sekitar 10 STAN Bazar serta berbagai lomba turut mewarnai Festival yang rutin digelar setiap Bulan Oktober ini, tak hanya itu Festival Bulan Bahasa 2024 ini juga dimeriahkan berbagai pertunjukan Fashion Show, para pelajar itu tampak gagah nan gemulai dengan mengenakan busana adat khas Pulau Jawa, serta ada juga beberapa siswa mengenakan busana serba hitam dengan dilengkapi sorban bak busana khas Timur Tengah.

Selain itu, berbagai perlombaan menarik yang turut meriahkan Festival Bulan Bahasa 2024 ini, diantaranya perlombaan Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia serta perlombaan Pranatacara (pembawa acara dalam Bahasa Jawa, red), Perlombaan Tafidz Quran, perlombaan Fashion Show, serta perlombaan Majalah Dinding (Mading)

Kepala MTsN 1 Bojonegoro, Syaifuddin Yulianto melalui Waka Humas saat ditemui di ruang kerja mengatakan, Festival Bulan Bahasa 2024 ini berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 14 dan 15 Oktober.

“Festival Bulan Bahasa 2024 ini digelar selama dua hari yakni tanggal 14 dan 15 Oktober,” kata Ainur Rofiq selaku Waka Humas kepada suryanasional.com, Selasa (15/10/2024).

Dirinya menjelaskan, dengan adanya Festival Bulan Bahasa 2024 yang digelar selama dua hari ini merupakan sebagai bentuk upaya bagi para siswa untuk menumbuhkan kreativitas serta menjadikan sebuah wadah bagi para guna menerapakan Progam P5.

Menurutnya, Festival Bulan Bahasa 2024 ini dapat menjadikan sebuah ajang untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka serta melalui Festival ini dapat menjadikan sebuah wadah untuk menggali bakat yang ada pada diri siswa.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk upaya untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas siswa,” jelasnya.

Selain ajang perlombaan, Festival ini juga dilengkapi dengan Pemilihan Duta Pelajar dengan pemilih yakni para siswa dan siswi mulai kelas VII hingga kelas IX memakai sistem suara terbanyak atau sistem voting.

“Dengan cara mengisi google form sehingga satu siswa akan memilih satu peserta yang ikut Pemilihan Duta Pelajar,” tambahnya.

Dirinya berharap, adanya Festival Bulan Bahasa 2024 ini dapat menjadikan sebuah ajang meningkatkan kepercayaan diri mereka serta melalui Festival ini dapat menjadikan sebuah wadah untuk menggali bakat yang ada pada diri siswa.

“Melalui Festival ini diharapkan siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang literasi dan numerasi,” pungkasnya.

(riz/red)