Kadisdik Jatim Sebut Podcast Merupakan Salah Satu Media Pembelajaran di Era Digitalisasi

Penulis : Rizal Abdi N.

Bojonegoro – Pendidikan di era digital telah mengalami transformasi signifikan dengan munculnya berbagai teknologi informasi. Perubahan ini memberikan tantangan baru bagi dunia Pendidikan untuk terus mengadaptasi metode pembelajaran guna memenuhi kebutuhan dan preferensi generasi pembelajaran modern.

Dalam berkembangnya era digitalisasi ini Podcast telah muncul sebagai salah satu bentuk media pembelajaran yang menarik perhatian, menyajikan keunikan dalam menyampaikan informasi maupun pengetahuan melalui konten video serta audio.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai saat mengunjungi sekaligus melaunching Podcast Gati Siar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Dander beberapa waktu lalu.

“Podcast merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif di tengah berkembangnya era digitalisasi,” kata Aries Agung Paewai, Jumat (12/10/2024) kemarin.

Menurut Pria yang juga menjabat sebagai Pj Walikota Batu ini menilai, Fleksibilitas waktu serta aksesibilitas yang tinggi menjadikan podcast sebagai salah satu pilihan menarik, terutama di era pembelajaran jarak jauh dan mandiri yang semakin mendominasi.

“Tentunya dengan konten konten yang baik dan strategi pembelajaran terintegrasi dapat signifikan, saya berharap, Podcast ini dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa di tengah berkembangnya era digitalisasi”, terangnya.

“Partisipasi aktif dari siswa dan kolaborasi antar stakeholder merupakan kunci dalam pengoptimalan media belajar Podcast di masa yang akan datang,” tandasnya.

Terpisah, Kepala SMK Negeri Dander, Molyono, M.M.Pd melalui Waka Humas saat ditemui di ruang kerja mengatakan, selain menjadikan Podcast sebagai sarana pembelajaran yang efektif di era digitalisasi, Dirinya menyampaikan, Podcast ini juga sebagai salah satu sarana pembelajaran online berbasis video dan audio yang menyenangkan bagi Siswa.

“Hal itu lantaran, saat ini tidak sedikit dari siswa yang mengeluh karena jenuh dengan penyampaian materi pembelajaran yang disampaikan secara monoton,” kata Intana selaku Waka Humas SMK Negeri Dander kepada suryanasional.com, Senin (14/10/2024).

Dengan pembawaan narasi yang kuat dan gaya berbicara yang menarik antar host dengan narasumber, Dirinya beranggapan, melalui Podcast ini dapat menjadikan materi pembelajaran lebih hidup dan memikat perhatian siswa. lantaran ketika siswa mendengar dan melihat Podcast, mereka merasa seolah sedang terlibat dalam percakapan atau cerita, bukan hanya menerima sekedar informasi maupun pembelajaran.

“Ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara emosional dan kognitif, sehingga mereka lebih mudah menerima materi pembelajaran yang disampaikan melalui seorang narasumber,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya media pembelajaran Podcast ini dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, meningkatkan motivasi siswa, dan membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pembelajaran.

Untuk diketahui, Selain melaunching Podcast Gati Siar, kedatangan Kadisdik Jawa Timur di SMK Negeri Dander pada (12/10/2024) kemarin, juga meresmikan salah satu fasilitas sekolah yakni Literasi Keuangan bertajuk Agen Jatim SMK Negeri Dander serta meresmikan program Sekolah Berbasis Lingkungan.

(riz/red)