Semarak HUT TNI ke- 79, 94 Tim ikuti Lomba PBB Piala Panglima TNI di Kodim Bojonegoro

Bojonegoro – Puluhan tim peserta turut mengikuti Lomba Baris Berbaris atau PBB Piala Panglima TNI tingkat SMP/Mts dan SMA/MA sederajat se- Kabupaten Bojonegoro dilapangan Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro Jawa Timur, Jum’at (27/9/2024).

Lomba PBB Piala Panglima TNI ini bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., dalam sambutanya mengucapkan terima kasih dan selamat datang di Ksatrian Kodim 0813 Bojonegoro kepada seluruh peserta Lomba PBB yang merupakan salah satu rangkaian acara memperingati HUT ke- 79 Tentara Nasional Indonesia atau TNI tahun 2024.

Lomba PBB atau Peraturan Baris Berbaris, menurut Dandim, diselenggarakan dengan tujuan untuk menggugah kreatifitas anak dan pelatih. Pasalnya, dalam perlombaan tersebut yang dinilai tidak hanya gerakan dan kekompakan saja, akan tetapi gerakan variasi juga akan dinilai.

“Harapanya, dengan adanya perlombaan ini dapat menciptakan generasi-generasi penerus yang memiliki karakter baik, tangguh, berdisiplin tinggi, dan patriotisme yang kuat,” kata Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.

Ucapan terima kasih, dan penghargaan yang tulus disampaikan Dandim 0813 Bojonegoro kepada seluruh panitia, serta pihak terkait atas dukungan dan partisipasi yang telah diberikan, sehingga pelaksanaan perlombaan PBB tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.

“Kepada panitia dan dewan juri kami berharap dapat melaksanakan perlombaan tahun ini dengan penuh kesungguhan, adil dan jujur, bertanggungjawab serta mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan baik personel maupun materiil,” ujar Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba, Kapten Cku Parjan, menjelaskan bahwa perlombaan PBB yang digelar oleh Kodim 0813 Bojonegoro kali ini diikuti sebanyak 52 regu atau tim setingkat SMP/MTs dan 42 regu atau tim setingkat SMA/MA sederajat.

Lomba PBB dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat rasa kebangsaan dan nasionalisme generasi muda khususnya dikalangan pelajar. Selain itu juga untuk menumbuhkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan jiwa korsa. Adapun penilaian dalam lomba PBB ini meliputi aspek ketepatan gerakan, kekompakan, dan semangat serta kreasi.

Masih menurut Kapten Cku Parjan, perlombaan PBB tersebut tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan teknis baris-berbaris, akan tetapi juga dalam rangka menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan kerja sama yang sangat penting bagi generasi muda.

“Melalui perlombaan PBB ini kami berharap bisa membentuk pelajar-pelajar di Kabupaten Bojonegoro yang berkarakter tangguh, berintegritas, dan cinta tanah air. Selamat bertanding, dan junjung tinggi sportivitas,” pungkasnya.