Pj Bupati Jombang Lantik PAW Kades Trawasan Kecamatan Sumobito

Jombang,Suryanasional.com – Pergantian Antar Waktu (PAW) Kades Trawasan Kecamatan Sumobito Toha Kusen telah dilantik oleh Pj Bupati Jombang Drs. Teguh Narutomo M.M., pada Jumat (20/09/2024) siang, di Balai Desa Trawasan Kecamatan Sumobito.

Hadir mendampingi Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo, Forkopimda Kabupaten Jombang, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Jombang Agus Purnomo S.H., M.Si., Kepala OPD terkait, Camat & Forkopimcam Kecamatan Sumobito. Tampak PAW terpilih Toha Kusen juga hadir beserta istri, penjabat Kepala Desa Trawasan beserta istri, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta warga hadir menyaksikan pelantikan tersebut.

Mengawali sambutannya Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo M.M., mengucapkan terima kasih kepada Badan Permusyawaratan Desa, Forkopimcam, serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya pemilihan PAW Desa Trawasan. Pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan acara yang berjalan kondusif sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar. Pemilihan PAW Desa Trawasan ini merupakan realisasi dari kedaulatan rakyat serta cerminan masyarakat yang demokratis di Kabupaten Jombang.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Jombang, saya sampaikan selamat kepada Bapak Toha Kusen, yang baru saja dilantik sebagai Kepala Desa Antar Waktu Desa Trawasan Kecamatan Sumobito. Saya harap tanggung jawab ini dapat saudara laksanakan dengan amanah hingga akhir masa jabatan nanti,” tutur Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo.

Pj Bupati yang baru menjabat selama dua bulan ini berharap agar Kepala Desa terpilih menjadi pemimpin yang profesional dan senantiasa berupaya untuk memajukan desa beserta seluruh masyarakatnya. Harapannya, Desa Trawasan menjadi daerah yang lebih baik, berkembang, maju dan mandiri.

“Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada penjabat Kepala Desa Trawasan, Bapak Muhammad Rizal, S.STP., dan Pengurus Tim Penggerak PKK Desa Trawasan atas jasa dan kiprahnya selama memangku nahkoda desa. Kami meyakini tanpa peran aktif semua pihak yang bersinergi dalam memangku amanah pemerintahan desa, berbagai aktifitas pembangunan dan kemasyarakatan tidak mungkin bisa terlaksana dengan baik. Semoga segala upaya yang saudara dharma-baktikan menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT,” ungkap Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo.

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo M.M.,menyampaikan secara bertahap pemerintah Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat juga terus berupaya meningkatkan kesejahteraan aparatur pemerintah desa. Meski demikian, peningkatan kesejahteraan ini, tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, kepada saudara PAW yang baru dilantik, sebagai unsur pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat, saudara harus bekerja dengan berpedoman pada asas-asas penyelenggaraan pemerintahan desa, yaitu keterbukaan, efektivitas, efisiensi, kearifan lokal, dan partisipatif,” pesan Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo.

Tidak hanya itu, PAW yang baru dilantik harus mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus membawa perubahan dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan di desa yang dipimpin.

Pj Bupati Narutomo menghimbau agar PAW yang baru dilantik memahami dan melakukan dengan sungguh-sungguh setiap kewenangan yang dimiliki, demi terciptanya pembangunan yang berkeadilan. Terutama dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat harus dilaksanakan dengan baik, serta didukung oleh kebijakan publik yang unggul. Penyelenggaraan layanan administrasi juga harus lebih cepat, lebih mudah, lebih terbuka, dan ramah kepada setiap warga desa.

“Saya tekankan, tidak boleh ada pungutan liar diluar ketentuan peraturan desa atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kunci keberhasilan dalam hal ini hanya satu, yakni integritas,” jelas Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo.

Penting untuk terus bangun koordinasi, komunikasi, sinergi, dan kolaborasi dengan seluruh lembaga dan elemen masyarakat yang ada di desa, termasuk dengan Badan Permusyawaratan Desa. Kepala Desa dan BPD adalah mitra kerja strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karena itu, harus ada hubungan yang harmonis dan saling mendukung dalam menentukan arah kebijakan pembangunan desa, tambahnya.

Terakhir, Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo menghimbau kepada PAW Trawasan Toha Kusen, agar segera menetapkan potensi desa yang dimiliki.

Hal ini bertujuan agar Trawasan memiliki citra yang sesuai dengan kearifan lokal dan potensi setempat.

“Kita bisa membangun desa sesuai dengan kearifan lokal, dengan begitu kita bisa eksis sesuai kondisi desa masing-masing,” jelas Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo.

Terdapat peristiwa unik ketika pelantikan berlangsung, yakni berkumandang adzan ketika pembacaan sumpah PAW. “Hari ini pertama kali saya melakukan pelantikan. Dan sisi positifnya pelantikan diiringi adzan, artinya itu keberkahan,” kata Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo diiringi ucapan “aamin” oleh seluruh hadirin.

Kabiro : Dwiky