PKM Tahun 2024, Pengurus IndoMS Jatim Berikan Pelatihan Guru Matematika

Jombang – Dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tahun 2024, Pengurus Indonesian Mathematical Society (IndoMS) Wilayah Provinsi Jawa Timur memberikan pelatihan kepada Guru Matematika di Jawa Timur, Sabtu (14/09/2024).

IndoMS merupakan Himpunan Matematika Indonesia yang telah berdiri sejak tanggal 15 Juli 1976 di Bandung. Organisasi ini sebagai wadah bagi Matematikawan, Pendidik, Pengguna, dan Penggemar matematika untuk berkomunikasi dan saling bertukar informasi.

Bertempat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 2 Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kabupaten Jombang, kegiatan pelatihan ini bertujuan pada pembinaan Guru persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang matematika tingkat SMA/MA, pemanfaatan AI dalam pembelajaran matematika, penyusunan modul ajar Matematika berbasis Kurikulum Merdeka, dan penyusunan asesmen pembelajaran Matematika dalam Kurikulum Merdeka.

Dr. Noor Hidayat, M.Si. selaku Gubernur IndoMS Wilayah Jawa Timur mengatakan bahwa IndoMS Wilayah Jawa Timur merupakan salah satu IndoMS yang paling aktif melaksanakan kegiatan pelatihan bagi Guru.

“IndoMS Wilayah Jawa Timur merupakan salah satu IndoMS yang paling aktif dalam melaksanakan kegiatan pelatihan bagi Guru dan saya bersyukur karena kegiatan PKM tahun ini bisa dilaksanakan secara luring di Jombang,” ucap Dr. Noor Hidayat, M.Si.

Salah satu peserta pelatihan Darum Budiarto mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi Guru Matematika karena mendapatkan kesempatan agar bisa mengupdate dan mengupgrade Pengetahuan.

“kesempatan ini sangat bagus untuk kita bisa mengupdate dan mengupgrade pengetahuan pada bidang matematika secara langsung dari narasumber kompeten yang berasal dari Para dosen Matematika Perguruan Tinggi ternama di Jawa Timur,” kata Darum Budiarto yang juga sebagai Guru Matematika di SMA Negeri 4 Bojonegoro.

Menurut Pria yang juga pernah mengemban Pendidikan di Nasa Amerika Serikat ini menyampaikan, melalui kegiatan ini kita dapat bertemu dengan dosen kita, berkumpul dan menambah jejaring sesama Matematikawan khususnya di Wilayah Jawa Timur untuk membangun koneksi dan rencana kerja sama.

“Materi pelatihan juga dapat digunakan sebagai materi penunjang kegiatan pembelajaran matematika di sekolah dan juga harapan ke depannya semoga PKM IndoMS bisa dilaksanakan secara luring di wilayah Bojonegoro,” pungkas Darum yang merupakan Guru Penggerak angkatan 7.

Untuk diketahui, adapun peserta Pelatihan IndoMS Wilayah Jawa Timur ini diikuti sekitar 220 Pendidik, terdiri dari Guru Matematika SMA, Guru Matematika SMK, Guru Matematika MA dan sejumlah Akademika Matematika di Wilayah Jawa Timur.

(riz/red)