Disperindag Ngawi Gelar Pelatihan Las Guna Menciptakan Lapangan Kerja Mandiri

Ngawi Suryanasional.com – Dalam menciptakan lapangan kerja secara mandiri, Dinas Perindutrian Dan Perdagangan kabupaten Ngawi Gelar pelatihan Las listrik. Acara pelatihan berlangsung 20 hari mulai tanggal 19 Agustus – 10 September 2024 dan di ikuti 16 peserta yang bertempat di gedung Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Kabupaten Ngawi. Senin 09/09/2024

Pelatihan ini para peserta akan diperkenalkan kepada proses-proses pengelasan yang tersedia, dimulai dari materi dasar seperti pelelehan, hingga ke posisi-posisi pengelasan yang lebih lanjut.

Kepala Disperindag Ngawi, Kusumawati Nilam menyampaikan bahwa Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dan peserta diberikan teori dan praktek pengelasan langsung. Sehingga peserta dapat melakukan pengelasan sesuai dengan Standard Operating Procedure dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

“pelatihan ini sangat penting bagi masyarakat terutama pada kalangan anak muda yang mempunyai bakat pengelasan, karena akan memberi bekal dan pentingnya keselamatan dalam mengelas sehingga dapat digunakan setelah selesai melakukan pelatihan,” jelasnya

Selain itu supriyadi Kabid Tenaga Kerja menambahkan tujuan diadakan pelatihan Las saat ini meningkatkan ketrampilan kerja bagi peserta pelatihan guna terjun ke dunia kerja atau bisa menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri, sehingga bisa mengurangi tingkat pengangguran terbuka.

“pelatihan Las saat ini di bimbing langsung dari tenaga ahli las, dan kegiatan pelatihan ini juga di biayai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2024,” imbuhnya (fir)