Serap Tenaga Kerja, SMK Negeri Ngambon Gelar Job And Edu Fair Expo Career

Bojonegoro – Demi menyerap para calon tenaga pekerja di Dunia Industri Kerja, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Ngambon menggelar Job And Edu Fair Expo Career, kegiatan perekrutan para calon pekerja ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 4 dan 5 September 2024.

Sekitar 14 Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja (Dudika), dan 8 Perguruan Tinggi serta 6 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), dan 6 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) turut meramaikan kegiatan Job And Edu Fair Expo Career SMK Negeri Ngambon ini.

Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) turut Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Tampak satu per satu stand mulai dipadati para calon pekerja, banyak dari mereka menanyakan informasi perihal lowongan pekerjaan yang telah ditawarkan oleh berbagai perusahaan.

Seperti halnya, Fitri salah satu alumni SMK Negeri Ngambon, Dirinya mengaku sangat senang dikarenakan merasa terbantu dengan adanya kegiatan Job And Edu Fair Expo Career, sebab dengan adanya kegiatan ini, ia menilai, banyak dari para calon pekerja merasa terbantu karena dapat mengetahui segala informasi perihal lowongan pekerjaan yang telah di tawarkan oleh beberapa perusahaan.

“Saya merasa senang dan sangat terbantu, sebab dapat mengetahui langsung tentang semua persyaratan perihal lowongan yang telah disediakan”, ucap Fitri kepada suryanasional.com seusai sesi tanya jawab dengan beberapa staf perusahaan perihal informasi lowongan kerja, Rabu (04/09/2024).

Menurutnya, dengan adanya Job And Edu Fair Exspo Career ini dapat mempermudah bagi para calon pekerja dan calon mahasiswa untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan serta beberapa jurusan perguruan tinggi yang telah disediakan.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri Ngambon menyampaikan, kegiatan Job And Edu Fair ini diharapkan mampu membuka peluang kerja bagi para calon pekerja yang belum menemukan pekerjaan.

Kacabdindik Wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Hidayat Rahman (kiri) bersama Kepala SMK Negeri Ngambon, Alim Suwantono (kanan) saat membuka secara simbolis Job And Edu Fair (foto/riz).

“Kami menyediakan beberapa perusahaan dan juga puluhan lowongan pekerjaan untuk mempermudah bagi para pencari kerja”, tutur Alim Suwantono selaku Kepala SMK Negeri Ngambon.

Dirinya menambahkan, selain menyediakan berbagai lowongan kerja, kegiatan Jobs And Edu Fair Expo Career ini juga menyediakan beberapa perguruan tinggi bagi para lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Job And Edu Fair Expo Career ini bertujuan agar dapat menyerap banyak para tenaga kerja yang siap terjun ke Dunia Industri Kerja serta memberikan kemudahan untuk memberikan segala informasi bagi para lulusan yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi”, tambahnya.

Hal senada juga dikemukakan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Hidayat Rahman, Pihaknya menyampaikan, dilaksanakannya Job And Edu Fair ini bertujuan membuka peluang karir bagi siswa lulusan SMK untuk memasuki dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Momentum ini harus bisa di manfaatkan bagi para pelajar yang baru lulus untuk mencari pengalaman dalam dunia kerja serta mencari segala informasi tentang perguruan tinggi untuk melangkah maju dengan penuh semangat, guna mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan harapan”, pungkas Hidayat Rahman saat ditemui awak media seusai meresmikan Job And Edu Fair Expo Career SMK Negeri Ngambon.

Untuk diketahui, Job And Edu Fair Expo Career SMK Negeri Ngambon yang digelar di GOR Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 4 dan 5 September, serta terbuka untuk masyarakat umum.

(riz/red)