HUT Kemerdekaan RI Ke-79 Pemkab Bojonegoro Kibarkan Bendera Merah Putih Ukuran Raksasa 

Bojonegoro,Suryanasional.com – Pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, ada yang berbeda di Bojonegoro, Sabtu (17/8/2024). Pemkab Bojonegoro mengibarkan bendera merah putih ukuran raksasa. Selain itu, di penghujung upacara, ada berbagai pertunjukan yang menunjukkan budaya lokal Bojonegoro.

Upacara Bendera 17 Agustus yang digelar di alun-alun Bojonegoro dan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Adriyanto berlangsung khidmad. Upacara menjadi momen refleksi bagi seluruh peserta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa. Di penghujung upacara juga disajikan berbagai penampilan, mulai tarian sandur, tari thengul, pertunjukan barongsai beserta liong-leong, reog, serta atraksi pencak silat.

Pengibaran bendera ukuran raksasa menjadikan peringatan hari kemerdekaan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pengibaran bendera tersebut dari atap gedung baru Pemkab Bojonegoro.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mahmudi menyampaikan bendera raksasa yang dikibarkan dari Gedung Pemkab tersebut berukuran 17 x 45 meter. Bendera raksasa itu dikibarkan oleh kurang lebih 25 orang dari berbagai stakeholder, diantaranya Kodim 0813, Polres Bojonegoro, Dinas Pemadam Kebakaran dan juga Bakesbangpol.

“Pagi tadi juga ada pembagian 350 bendera ukuran rumah untuk pengunjung,” jelasnya.

Selain itu, juga ada bendera duplikat dari pemerintah pusat berukuran 2 x 3 meter dengan menggunakan kain pilihan dan tanpa ada jahitan. Bendera ini yang dikibarkan di alun-alun Bojonegoro setiap upacara 17 Agustus, dan akan dilakukan selama 10 tahun, sebagaimana di kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

“Peringatan tahun ini lebih meriah, lebih inovatif dan salah satunya di Pemdes Ngampel mengibarkan bendera sepanjang jalan dan memasang gambar para pahlawan di perempatan Ngampel,” bebernya.

Secara terpisah, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Bojonegoro, Doktora Vania Setya Lecia yang bertugas sebagai penerima baki (bendera) mengungkapkan kesannya bahwa Ia merasa sangat bangga sebab menjadi bagian dari Paskibraka Bojonegoro tahun 2024 ini. Terlebih dirinya ada di posisi sebagai pembawa baki dan menerima bendera langsung dari Pj Bupati Bojonegoro.

“Harapan saya untuk Indonesia kedepannya, semoga bisa menjadi negara yang lebih maju. dan generasi saya dan kedepanya bisa menjadi penerus bangsa,” pungkasnya. (Red).