Semarakkan Kemerdekaan RI Ke-79 Warga Desa Candimulyo Gelar Pawai Tampilkan Budaya

Jombang,Suryanasional.com – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 79 yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus , Pemdes Candimulyo menggelar sekaligus melepas pawai karnaval masyarakat Candimulyo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Pada acara ini tampak ribuan masyarakat mengikuti Karnaval yang memakai berbagai macam pakaian adat budaya, yang akan diberangkatkan oleh Kepala Desa, Suhfrido Herlan beserta istrinya Dwi Retno, Camat Jombang, Heri, Perangkat Desa di depan kantor desa, Minggu (11/8/2024) pukul 12.00 WIB.

“Kepala Desa, Suhfrido Herlan yang akrab di sapa Oyong dalam wawancaranya menyampaikan, terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Candimulyo, yang telah mendukung dan membantu kegiatan Karnaval untuk menyemarakkan memperingati 17 Agustus, Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Kegiatan karnaval ini merupakan ciri khas budaya Desa Candimulyo dan sudah menjadi tradisi, yang setiap tahun diadakan pada 17 Agustus diadakan karnaval. Dimana pada acara ini turut dimeriahkan oleh seluruh masyarakat yang ada di Indonesia, melainkan bukan hanya masyarakat yang ada di Candimulyo saja.

Tujuan acara ini adalah, untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus melestarikan warisan budaya, khususnya batik, yang merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Jawa Timur. “Batik adalah bagian dari jati diri kita. Melalui budaya, sekaligus kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi-generasi muda, untuk lebih mengenal dan mencintai budayanya sendiri,” ungkap Kepala Desa Suhfrido Herlan kepada Suryanasional.com.

“dirinya menambahkan, bahwa di Desa Candimulyo ini ada 13 RW dan 59 RT, yang terdiri dari (3) dusun, yaitu dusun lundo, dusun Candimulyo dan dusun Sidobayan, dan alhamdulillah semua masyarakat antusias mengadakan Karnaval siang hari ini, dengan cuaca yang cerah dan panas tidak mengurangi sedikitpun semangat masyarakat untuk memperingati HUT RI ke-79. Untuk itu saya selaku Kepala Desa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Candimulyo,” imbuh Kepala Desa Suhfrido Herlan.

Lanjut Heri, Camat Jombang mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa dan Perangkat desa, beserta seluruh masyarakat Candimulyo khusunya. Tanpa adanya dukungan, kreatifitas dan partisipasi seluruh masyarakat, tidak akan terwujud karnaval semeriah ini di Candimulyo,” ucap Camat Heri.

Dengan antusias masyarakat menyambut dan memeriahkan kegiatan pawai karnaval HUT RI Ke-79 ini, sehingga acara karnaval dapat berjalan lancar dan sukses terlaksana.

Saya sangat bangga dengan masyarakat Candimulyo, yang telah menyajikan berbagai karya seni budaya yang di tampilkan dalam karnaval, dari mulai bertema ken’arok, tarian tradisional, dan Barongsai, putri kayangan, drumbend, dan lain sebagainya”, pungkas Camat Heri.

Reporter: Rizki