GOR Kecamatan Kanor Belum Diresmikan Masih Dalam Tahap Pemeliharaan

Bojonegoro,Suryanasional.com – Hingga saat ini, Gedung Olahraga (GOR) di Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur masih dalam masa pemeliharaan atau perawatan selama 6 bulan setelah selesai pekerjaan.

“Masih dalam masa pemeliharaan hingga bulan enam,” kata Kabid Tata Bangunan

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) Bojonegoro, Banny Kurniawan Senin (20/05/2024).

Setelah masa pemeliharaan selama enam bulan, lanjut Banny, baru bisa direncanakan seremonial peresmiannya. Sehingga, masyarakat di Kecamatan Kanor dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas gedung sarana dan prasaran olahraga tersebut.

“Setelah masa pemeliharaan enam bulan, kemudian diserahkan ke dispora untuk rencana peresmiannya,” jelas Banny.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bojonegoro, Amir Syahid mengatakan, bahwa pihaknya memang belum menerima serah terima, prasarana gedung olahraga (GOR) di Kecamatan Kanor tersebut.

“Saat ini belum menjadi kewenangan Dispora,” kata Amir Syahid.

Diketahui, pada kontrak-kontrak pekerjaan konstruksi, setelah penyedia melaksanakan keseluruhan pekerjaan dan melakukan serah terima pekerjaan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), maka diperlukan masa pemeliharaan.

Masa pemeliharaan paling singkat untuk pekerjaan permanen adalah selama 6 (enam) bulan. Selama masa pemeliharaan penyedia wajib memantau hasil pekerjaan, dan menjaga serta memelihara agar tidak terjadi kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.

Masa pemeliharaan bukanlah waktu untuk menyelesaikan sisa-sisa pekerjaan yang belum terselesaikan, melainkan untuk memelihara hasil pekerjaan yang sudah 100 persen dikerjakan.

Sebelumnya, masyarakat di Kecamatan Kanor berharap Gedung Olahraga tersebut segera diresmikan dan buka untuk umum sebagaimana fungsinya. Sehingga, sarana dan prasarana olahraga itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat setempat.

Gedung Olahraga (GOR) di Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro ini nampak terbengkalai dan tak terawat. Lantaran GOR Kanor belum diresmikan dan di buka untuk masyarakat umum sebagaimana fungsinya.

Gedung Olahraga (GOR) Kanor selesai dibangun sejak akhir tahun 2023 lalu. Pembangunan gedung sarana dan prasarana olahraga itu menelan anggaran sekitar Rp 6,9 miliar yang bersumber dari Alokasi Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bojonegoro 2023. (Lex)