Ribuan Anggota Pramuka Ikuti Apel di GOR Utama Bojonegoro, Terus Berkontribusi untuk Indonesia

Bojonegoro – Ribuan anggota pramuka mengikuti apel besar peringatan Hari Pramuka ke-63, Selasa (3/9/2024) di GOR Utama Bojonegoro. Kegiatan apel ini sekaligus pelantikan Pramuka Garuda Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bojonegoro tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan ini jajaran Forkopimda, staf ahli, para asisten, kepala OPD lingkup Pemkab Bojonegoro, camat, seluruh pengurus kwarcab Bojonegoro, serta tamu undangan lainnya.

Peserta apel sejumlah 1.895 anggota Pramuka Garuda didampingi masing-masing oleh satu orangtua yang berasal dari 20 kwartir ranting se-Bojonegoro. Dengan rincian 1.081 anggota siaga, 535 anggota penggalang, 274 anggota penegak, dan 5 anggota pandega. Sehingga total perkiraan peserta apel sekitar 3.790 orang.

Selain itu, apel juga dihadiri 10 tokoh pramuka Bojonegoro yang mendapatkan tanda penghargaan dari kwartir nasional. Dengan rincian dua orang penganugerahan lencana melati, dan 8 orang lencana dharma bakti.

Ketua Kwarcab Bojonegoro Kak Nurul Azizah hadir dan mewakili sekaligus membacakan sambutan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Bojonegoro Kak Adriyanto.

Pada tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”, ada dua instrumen yang memiliki pengaruh kuat bagi kehidupan bermasyarakat. Yaitu Pramuka dan Pancasila. Tri satya pramuka yang memiliki tiga unsur yaitu religi, nasionalisme dan kemanusiaan seolah melebur jadi satu dengan sila-sila pada Pancasila.

“Saya meyakini pramuka akan dapat melahirkan banyak calon pemimpin bangsa yang siap dan tangguh menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks,” ujarnya.

Gerakan pramuka, lanjut Kak Nurul Azizah saat membacakan sambutan Kak Adriyanto, memberikan pendidikan life skill, soft skill dan hard skill. Juga memberikan kecerdasan asosiasif yaitu kecerdasan spiritual, emosional, sosial intelektual dan fisik yang menjadikan postur ideal pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

“Sebagai organisasi pendidikan non formal, gerakan pramuka realitanya tidak hanya menangani character building tapi juga berperan aktif di bidang lainnya,” ujarnya.

Berbagai kegiatan juga dilaksanakan seperti penanaman pohon, pembersihan fasum (fasilitas umum), sarana ibadah dan sosialisasi hemat energi. Juga turut andil mewujudkan ketahanan pangan dengan membuat sekolah pertanian terpadu yang berkerjasama dengan FAO (Food and Agriculture Organization), yakni organisasi pangan dan pertanian milik PBB.

“Kami menyampaikan pada generasi muda agar melaksanakan kegiatan pramuka yang berkelanjutan, pengembangan program kewirausahaan, kontribusi pada pengembangan ekonomi nasional dan gerakan pramuka telah melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan masa kini dan yang akan datang,” jelasnya.

Lebih lanjut, dijelaskan, pramuka garuda adalah anggota muda gerakan pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada setiap golongan yaitu siaga, penggalang, penegak, pandega sebagai lambang kehormatan, kemandirian dan kekuatan yang diharapkan.

“Semoga tidak pernah lelah berkontribusi untuk Indonesia emas di 2045. Selamat Hari Pramuka ke-63, Satu Pramuka untuk Satu Indonesia. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesiaku,” terangnya.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan penghargaan Dharma Bakti dan Penghargaan Perkembangan Media Gugus Depan se-Bojonegoro. Dilanjutkan penampilan kolosal kolaborasi, serta prosesi pelantikan dan pengalungan medali garuda secara simbolis.